Saturday, July 13, 2024
HomeViralAsal usul Lomba Makan Kerupuk

Asal usul Lomba Makan Kerupuk

Asal usul Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Lomba yang biasa dilakukan dalam acara perayaan kemerdekaan atau acara lainnya ini memang selalu menarik perhatian.

Asal usul Lomba Makan Kerupuk
Asal usul Lomba Makan Kerupuk

Namun, apakah kita tahu asal usul dari lomba makan kerupuk ini?

Lomba makan kerupuk diyakini berasal dari tradisi masyarakat Jawa yang mengadakan acara sedekah bumi, yaitu upacara syukuran atas hasil panen. Saat itu, kerupuk menjadi salah satu makanan yang selalu ada dalam acara sedekah bumi. Dalam acara ini, ada tradisi makan kerupuk dengan cara unik, yaitu melalui perlombaan.

Perlombaan dimulai dengan menggantungkan seikat kerupuk pada pohon yang tinggi. Peserta kemudian berusaha untuk meraih kerupuk yang tergantung tersebut tanpa menggunakan tangan. Caranya adalah dengan menggigit ujung kerupuk dan menariknya dengan gigi hingga terlepas dari pohon. Lomba ini biasa disebut dengan “nyambut gethuk” atau “nyambut rambak”, tergantung jenis kerupuk yang digunakan.

Karena keunikan dan keseruan lomba ini, akhirnya lomba makan kerupuk menjadi populer dan sering diadakan di berbagai acara, baik di dalam maupun luar negeri. Lomba ini pun menjadi bagian dari perayaan kemerdekaan Indonesia dan sering diadakan dalam perlombaan yang lebih besar seperti lomba 17-an.

Baca juga : Peluang membuka usaha dan bisnis

Namun, kita harus tetap berhati-hati saat mengikuti lomba makan kerupuk ini. Karena jika tidak dilakukan dengan benar, kita dapat mengalami luka pada mulut dan tersedak kerupuk. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa perlombaan ini dilakukan dengan pengawasan yang baik dan peserta sudah dipersiapkan dengan baik sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, lomba makan kerupuk merupakan tradisi yang sudah lama ada di masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa dalam acara sedekah bumi. Lomba ini menjadi populer karena keunikan dan keseruannya serta sering diadakan dalam berbagai acara, khususnya dalam perayaan kemerdekaan. Meskipun demikian, kita harus tetap berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat mengikuti lomba ini.Viral Banget

RELATED ARTICLES

Most Popular

- Advertisment -
Berita Viral

Recent Comments